Memelihara dan memperbaiki AC ( Air Conditioner ) Pada Mobil

AC merupakan alat yang berfungsi membantu menyejukkan udara dalam suatu ruangan, baik ruang kamar maupun ruangan tertentu seperti kabin mobil, kulkas, Ruang penyimpanan alat-alat tertentu dan masih banyak lagi. Saat ini hal yang kita bahas adalah mengenai AC yang difungsikan sebagai penyejuk ruangan dalam kabin mobil. Perkembangan dunia yang terasa semakin panas ketika siang dan terkadang malam hari terutama didaerah tropis menyebabkan setiap desain mobil baru sudah selayaknya dilengkapi dengan komponen penyejuk ruang dalam kabin mobil yaitu AC. AC dapat dikatakan mempunyai fungsi yang cukup vital sebab apabila pengendara didalam kabin mobil tidak merasakan kenyamanan atau kenyamanannya terganggu akibat rasa panas yang berlebihan dapat mengakibatkan tingkat konsentrasi menurun sehingga menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dijalan. 

AC mobil memerlukan perawatan yang harus intensif dilakukan. Perawatan dan pemeliharaan ini difungsikan untuk menjaga kualitas kinerja AC agar selalu maksimal serta menjaga kualitas kesehatan udara sejuk yang dikeluarkan oleh AC tersebut agar sirkulasi udara selalu bersih sehingga tidak mengganggu kesehatan. Kebersihan kabin mobil dan rongga sirkulasi udara dari blower dan masuk ke evaporator kemudian dikeluarkan melalui rongga-rongga kisi-kisi angin juga harus bersih dari kotoran sehingga perputaran udara didalam mobil selalu bersih. Diperlukan pengetahuan dasar alat-alat yang berhubungan dengan AC itu sendiri agar kita dapat mengerti asal terbentuknya udara sejuk di dalam kabin mobil kita. Hal ini dimaksudkan agar pemeliharaan rutin dapat dilakukan sendiri hanya untuk sekedar mengecek fungsional setiap elemen masih dapat bekerja maksimal sebelum kita mengendarai kendaraan kesayangan kita. 

Berikut penjelasan nama beberapa alat pendukung AC mobil serta fungsinya :
  1. AC ( Air Conditioners ): Suatu alat yang berfungsi untuk mengatur suhu udara (dalam kabin mobil) / penyejuk udara. 
  2. Condensor : Suatu alat yang berfungsi untuk mengubah zat dari bentuk uap menjadi bentuk cair. 
  3. Receifer     : Suatu alat yang berfungsi untuk menampung zat cair. 
  4. Dryer         : Suatu alat yang berfungsi sebagai pengering sekaligus penyaring suatu zat cair. 
  5. Expansion Valve : Suatu alat yang berfungsi untuk memancarkan zat cair untuk mempercepat terjadinya perubahan ke bentuk gas 
  6. Evaporator  : Suatu alat yang berfungsi untuk mengubah suatu zat cair dari bentuk cair menjadi gas.
  7. Blower : Suatu alat yang berfungsi untuk menggerakkan udara agar didalam ruang dimana udara itu dihembuskan terjadi sirkulasi udara. 
  8. Compressor : Suatu alat yang berfungsi untuk menekan gas agar tekanan dan temperaturnya meningkat. 
  9. Refrigerant : Suatu zat Pendingin yang memiliki kemampuan untuk menyerap dan melepaskan panas dalam waktu yang relatif lebih singkat. 
  10. Heat Sensitizing Tube : Suatu alat yang berfungsi untuk mendeteksi kondisi suhu udara disekitar dimana ia dipasangkan. 
  11. Magneting Clutch : Suatu alat ( Kopling ) yang berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan suatu benda yang berputar dengan menggunakan sistem kemagnetan, sehingga keduanya dapat berputar secara bersama-sama. 
  12. Pressure Switch : Suatu alat yang berfungsi untuk mendeteksi suatu keadaan yang berhubungan dengan tekanan dan secara otomatis akan menghentikan kerja alat tersebut apabila terjadi ketiedak normalan tekanan pada batas yang sudah ditentukan. 
  13. Regulator : Suatu alat pengatur keadaan tertentu misalnya tekanan 
  14. Stabilizer  : Suatu alat yang berfungsi mengatur keseimbangan suatu keadaan misalnya : tekanan, gaya dlsb. 
  15. Idle Up     : Suatu alat yang berfungsi untuk meningkatkan putaran mesin secara otomatis oleh karena adanya beban tambahan yang diberikan kepadanya sehingga putaran mesin tersebut tetap dapat berputar dengan baik / tidak mati. 
  16. Trouble Shooting : Identifikasi terhadap suatu gejala kerusakan yang sering terjadi pada suatu alat atau mesin dan kemungkinan – kemungkinan cara mengatasi kerusakan tersebut. 
  17. SST Spesial servoce tool : yaitu peralatan khusus yang disediakan dan digunakan secara khusus pula. 
  18. Kunci Momen Kunci : yang dapat digunakan untuk mengukur kekuatan atau gaya 
  19. Pompa Vacuum : Suatu alat yang berfungsi untuk mengeluarkan udara / gas / uap air yang ada pada suatu sistem lingkungan tertentu. 
  20. Manifold Gauge :  Suatu alat ukur yang terdiri atas alat ukur dan nipel-nipel penghubung dan keran pengatur, yang apabila kerannya difungsikan akan membentuk suatu hubungan tertentu untuk dapat dimanfaatkan pada pekerjaan pengisian atau pengukuran sistem Air Conditioners. 
  21. Minyak Pelumas khusus : yang hanya digunakan untuk pelumasan pada sistem Air Conditioners.

0 Response to "Memelihara dan memperbaiki AC ( Air Conditioner ) Pada Mobil"

Posting Komentar

wdcfawqafwef