Car Gage Water Temperature Check

Mempunyai mobil tua sudah pasti membutuhkan perawatan extra, salah satunya adalah mengecek temperatur mesin ketika dihidupkan. Panel instrument indikator temperatur suhu mesin pada dashboard mobil kita harus hidup dan berfungsi normal sehingga kondisi mesin dapat teridentifikasi dengan jelas perubahan suhunya. Menggunakan mobil tua untuk perjalanan jauh membutuhkan data akurat kondisi mesin mobil kita agar tidak terjadi overheating atau kepanasan yang dapat menyebabkan air radiator berkurang dan ring piston kita menjadi "ngancing". Komponen utama yang berfungsi sebagai indikator termperatur suhu mesin adalah Thermostat atau gage water temperature. Posisi komponen ini menempel pada bagian depan mesin yang terhubung dengan selang radiator yang masuk ke engine.Untuk mengecek kondisi komponen tersebut masih dapat berfungsi dengan baik atau tidak sangatlah mudah, yaitu dengan cara :

  • Lepas kabel konektor yang menempel pada Thermostat Tempelkan kabel tersebut pada body mesin mobil ketika mesin sudah dinyalakan dalam kondisi idle. 
  • Check control panel pada indikator suhu di dashboard apakah ada reaksi suhu meningkat sampai Hot?, Jika iya, maka indikator di dashboard tidak mengalami kerusakan dan berarti Thermostat minta diganti. Apabila jika kabel tersebut ditempelkan dan tidak terjadi reaksi pada indikator di dashboard, maka belum tentu Thermostat rusak, bisa saja yang rusak adalah panel di dashboard mobil anda. 
  • Check Thermostat dengan menggunakan alat check termperatur dengan cara dilepas dan dicelupkan bagian ujung kuningannya pada air panas dan lihat apakah terjadi perubahan, jika iya maka thermostat masih berfungsi normal.
  • Perlu diketahui bahwa sebenarnya elemen yang terdapat didalam Thermostat amatlah sederhana, tetapi jikalau sudah berumur dan pernah terjadi overheating, maka komponen didalamnya sudah jenuh dan tidak dapat menghantarkan panas secara baik.

0 Response to "Car Gage Water Temperature Check"

Posting Komentar

wdcfawqafwef