SISTEM KERJA MOTOR FAN RADIATOR DAN MOTOR EXTRAFAN AC MOBIL

CARA/SISTEM KERJA MOTOR FAN RADIATOR DAN MOTOR EXTRAFAN AC MOBIL

Panel-panel yang berhubungan dengan
SWITCH FAN RADIATOR : - Saklar kunci kontak On/Off dekat steer - Relay Fan - Power Relay - Swith Fan itu sendiri.

Sistem kerja SWITCH FAN RADIATOR ( MOTOR FAN RADIATOR ) ada 2 jenis : 
- Main(On/Off) Massa : Kalau kita cek pakai tester pada kondisi awal, sistem kelistrikan terputus (tidak dapat Massa), apabila suhu mesin mobil sudah panas Massa akan nempel dan kipas radiator hidup.
-Main(On/Off) di Relay : sistem kerjanya kebalikan dari sistem main Massa. Kalau dicek posisi awal tersambung, pada waktu mesin panas terputus, Massanya dapat dari Relay dan mesin radiator hidup Cara yang paling gampang untuk mengetahui swith fan mobil kita main massa atau main relay pada waktu rusak : Cabut saja soket yang nempel pada swith fan dengan keadaan kunci kontak On, kalau dicabut motor radiator mati berarti swith fan main Massa, dan kalau dicabut motor radiator hidup berarti main Relay. kedua kondisi tersebut dengan keadaan Relay bagus, kalau kedua-duanya sistem pengecekan tersebut kipas radiator mati sudah pasti Relaynya rusak juga (kecuali yang main Massa bisa swithnya saja yang rusak).

Untuk Cara Kerja Motor Extra Fan AC:
- Sistem ON/OFF listrik berasal dari Thermostat AC Mobil - Lama sebentarnya hidup Motor Extrafan AC tergantung setelan di Thermostat AC

Sekering/Skring Putus Terus
Biasanya hal ini terjadi karena Kabel yang dari Relay Fan yang biasanya sebesar 30A yang ke AKI/Accu ukurannya terlalu kecil sehingga kabel menjadi panas dan akibatnya skring meleleh dan putus, sehingga motor kipas Radiator mati dan mengakibatkan mesin panas (Overheating) Solusinya : perbesar ukuran kabel .
Tips Mengatasi Kipas ( Fan ) motor Radiator Mati di Jalan ( Darurat )
 - Mobil/Kendaraan yang menggunakan Switch Fan Main/sistem Relay tinggal mencabut soket yang nempel di switch fan sehingga motor kipas hidup terus. - Dan kendaraan yang mempergunakan switch fan yang main/sistem Massa tinggal mencabut soket yang nempel di switch fan dan tempelkan ke massa kendaraan sehingga kipas hidup terus - Dan Kalau yang rusak Relay fannya ( dicabut atau di tempel ke massa kipas tetap mati ), ganti relay fannya dengan relay apa saja yang ada ( relay klakson/Lampu) yang penting sampai ke bengkel terdekat atau bahkan ke rumah. Salah satu Kekurangan Mobil Timor adalah pada motor fan radiator yang cepat panas sehingga kipas radiator menjadi leleh, menurut beberapa referensi dari pelanggan motor fan radiator timor bisa diganti dengan motor fan Mobil Nissan Terano tetapi harus assy dengan sarangnya/rumahnya.

91 Responses to "SISTEM KERJA MOTOR FAN RADIATOR DAN MOTOR EXTRAFAN AC MOBIL "

  1. mobil saya saat tempratur indikator tepat di tengah tapi kipas radiator belum hidup nanti saat indikator tempratur sdh mendekati hot baru kipasnya hidup.mobil daihatsu ceria.klo pakai ac kipasnyaotomatis hidup saat indikator temprature tepat di tengah.kira2 apa penyebabnya kipas radiator terlambat hidup saat indikator temperatur sudah di garis tengah.trms atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx Winers..atas pertanyaannya....
      Perlu diketahui bahwa kipas radiator hidup ketika air pada radiator sudah mencapai suhu 80-90 derajat tergantung Standart ukuran Thermostat ( alat otomatis buka-tutup klep air radiator, tergantung merk untuk indikator suhunya 80-90 derajat )...Jadi ketika suhu mencapai sesuai ukuran thermostat maka klep akan membuka dan switch tersebut terhubung dengan kabel on-off Kipas Radiator. Sepengetahuan saya.Indikator temperature jika stabil terus di tengah ketika beban instrument semua dinyalakan, maka kondisi mesin dapat dikatakan normal..trims

      Hapus
    2. Jazz ane kl kondisi mesin hot atau lagi jalan macet, extra fan kaga muter, kecuali dibantu engkol/senggol baru muter.setelah parkir lama/mesin dingin extra fan nyala normal.ane ud 3x ganti extra fan tetep sama aja kasusnya Begono lagi, apa memang harus beli yg original atau memang switch ya gan?

      Hapus
    3. Jazz ane kl kondisi mesin hot atau lagi jalan macet, extra fan kaga muter, kecuali dibantu engkol/senggol baru muter.setelah parkir lama/mesin dingin extra fan nyala normal.ane ud 3x ganti extra fan tetep sama aja kasusnya Begono lagi, apa memang harus beli yg original atau memang switch ya gan?

      Hapus
    4. Maaf bos mau tanya sistem kerja fan mobil avansa metic itu mesin hidup fan ikut nyala apa otomatis,makasih sebelumnya bos

      Hapus
    5. Maaf bos mau tanya sistem kerja fan mobil avansa metic itu mesin hidup fan ikut nyala apa otomatis,makasih sebelumnya bos

      Hapus
    6. Mau manual apa matik yg namanya fan ya harus otomatis sesuai temperatur mesin lah bos, kalau gak jebol tuh fan idup terus😁

      Hapus
  2. Guys gue punya mobil corrola 73 saya modif pakai ac.. ee setelah gue modif temperatur naik.. padahal uda gue kontrol semua baik radiator.selang radiator. Waterpump.kompresi mesin dan sbbnya.. gue minta sarannya donk knp nie mobil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahin extra fan om, bisa di modifikasi kok pake punya katana

      Hapus
  3. tambah extra fan didepan kondensor ac..kl kipas radiator masih pakai kipas konvensional coba modif pake elektrik fan punya karimun

    BalasHapus
  4. tambah extra fan didepan kondensor ac..kl kipas radiator masih pakai kipas konvensional coba modif pake elektrik fan punya karimun

    BalasHapus
  5. Sya mau tanya,mbil sya mitsubishi lancer tahun 97,setiap pagi star pertama setiap mesin mnyala 2mnit sllu mnyal check engine dan d susul kpas radiator n kpas ac mnyala jga,pdahal tmperatur msih d bwa suhu kerja mesin, stelah itu harus d mtikan,starter ulang bru bsa kmbli normal,
    Kira2 apa ya pnyebabny??

    BalasHapus
  6. Sya mau tanya,mbil sya mitsubishi lancer tahun 97,setiap pagi star pertama setiap mesin mnyala 2mnit sllu mnyal check engine dan d susul kpas radiator n kpas ac mnyala jga,pdahal tmperatur msih d bwa suhu kerja mesin, stelah itu harus d mtikan,starter ulang bru bsa kmbli normal,
    Kira2 apa ya pnyebabny??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx Mas Yuda..

      ada kemungkinan jalur-jalur elektrikal dari kunci kontak ke dashboard dan ke engine sudah mulai kotor..coba bisa dibersihkan dengan Contact Cleaner untuk skun-skun sambungan elektrikalnya semua..kemudian bisa dicoba lagi..mengingat umur mobil sudah harus perawatan pada sistim elektrikalnya..

      trimakasih

      Hapus
  7. Mohon pencerahan
    Pd saat ac nyala extra fan nyala
    Trus kipas radiator nyala terus atau ikut otomatis panas mesin?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mas Rachmadi..
      Bisa diberi tahu mobilnya jenis apa ya..
      Karena setiap mobil berbeda-beda sistim kerja fan radiator dan extra fan..nya...untuk jenis mobil yang fan radiator dan extra fan..nya terpisah...fan radiator selalu hidup ketika sensor temperatur pada pompa air engine sudah panas (80-90 derajat C/tergantung sensornya)..dan extra fan nyala selalu berbabrengan ketika AC nyala karena menjaga agar kompressor AC tidak terlalu panas kinerjanya..

      Trims

      Hapus
  8. Om saya mau tanya nih mobil saya Mazda 626 tahun 86 kl saat jalan temperatur mesin naik pelan2 tpi saat macet atau keadaan mobil diam temperatur sangat normal,itu knpa ya Om dan saya lakukan jg pengecekan ke sistem pendingin semua normal kompresi jg normal cuma fan radiator ajs melemah sedikit saat elektrikal nyala semua tolong Om solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx atas Pertanyaannya mas Dedi Sanjaya.
      Jadi sepengalaman saya...permasalahan pada Mazda 626 anda yaitu..si..kipas radiator, putaran RPM kipas tidak mampu mengejar atau menyedot panas engine ketika putaran mesin makin cepat saat mobil berjalan..hal itu bisa disebabkan motor pada fan radiator sudah lemah yang bisa disebabkan carbon brush pada motor fan sudah mulai menipis atau habis atau spul magnet sudah waktunya di gulung ulang.....
      Atau : Ketika elektrikal nyala semua...putran RPM fan radiator tidak bisa maksimal yang dikarenakan supply listrik dari aki tidak full ke semua instrument elektrikal mobil..jadi semua komponen elektrikal tidak full berfungsi semua yang dikarenakan aki tidak mampu menyuplai beban elektrikal..nah hal tersebut bisa disebabkan dari gejala alternator (dinamo ampere) sudah mulai lemah untuk menyuplai aki atau carbon brush pada dinamo ampere sudah mulai habis atau Vanbel dinamo ampere kendor.

      cara mudahnya :
      1. cek ketegangan vanbelt dinamo ampere..kencangkan...hidupkan mesin..cek aki dengan avometer dalam kondisi mesin stationer (tegangan standart (13,4v -13,8v) tidak boleh kurang dari 13vlt atau lebih dari 14vlt.

      2. Nyalakan semua Instrument elektrikal (headlamp,sein,tape,AC,dll...Lihat tegangan di aki...tidak boleh turun dari 13vlt...kemudian di gas ke 2000 rpm...apakah tegangan di aki naik sampai 13,8..jika iya berarti supply listrik dari alternator ke aki dan kondisi aki..normal semua..berarti permasalahannya hanya pada motor fan radiator yang sudah saatnya di repair...thx..

      Hapus
  9. Mas mau tnya mobil sy timor dohc sblumx ac sy tdk mau dingin trus sy bwa k begkel ac ktax sistem kelistrikanx ada yg slah trus dia akalin dsmbung ama kabel dr bwah fuse box dsmbug k kutub positif aki.. dan akhirx mau dingin acx.. tpi stelah itu sy hdupin ac kok kipas radiatorx tdk menyala yg nyala cma extra fan.. ac on ato off yg nyala cma extra fan.. sy kwtir dia mlh merusah sistem kelistrikanx.. mohon pencerahan..

    BalasHapus
  10. Mas mau tnya mobil sy timor dohc sblumx ac sy tdk mau dingin trus sy bwa k begkel ac ktax sistem kelistrikanx ada yg slah trus dia akalin dsmbung ama kabel dr bwah fuse box dsmbug k kutub positif aki.. dan akhirx mau dingin acx.. tpi stelah itu sy hdupin ac kok kipas radiatorx tdk menyala yg nyala cma extra fan.. ac on ato off yg nyala cma extra fan.. sy kwtir dia mlh merusah sistem kelistrikanx.. mohon pencerahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas aditya...atasa pertanyaannya
      ada kemungkinan AC tidak dingin dikarekana freon sudah berkurang sehingga presure switch tidak bekerja maksimal, akibatnya kompressor AC tidak nyala sehingga AC tidak dingin jadi hanya kipas blower dalam kabin saja yang berputar...jadi oleh bengkel...dari fuse box dilangsungkan untuk menyambungkan kompressor dan extra fan secara bersamaan...atau relay pada amplifier box di kabin sudah tidak bekerja sehingga otomatis AC tidak hidup....


      Mungkin hal yang terlebih dahulu dilakukan sebelum men-just kerusakan macam2...Mengingat dari tahun pembuatan timor apabila sistim perkabelannya blm diganti ada kemungkinan sistim perkabelannya sudah banyak yang korosi dan perlu dibersihkan sehingga arus listrik semuanya bisa stabil...
      kabel yang dibuat oleh bengkel bisa dicabut dulu...dan bersihkan semua sistim perkabelan sambungan2 skun dengan contact cleaner dan amplas halus...pasang kembali dan dicoba...apabila blm berhasil..bisa dicoba ditambahkan freon dahulu...baru cek hal-hal lainnya...

      terimakasih..semoga membantu

      Hapus
  11. Mas saya mau tanya..mobil saya corona absolute thn 1997..otomatis fan tidak berfungsi normal..padahal swith radiator sudah saya ganti dan relay fan. Tetap aja kipas radiator dan kipas ac muter terus..jika mobil dalam posisi di starter..tentu hal ini mengakibatkan pemborosan listik..apabila di pasang fan tambahan ...mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakash Mas Rio...
      ada kemungkinan untuk otomatis fan tidak berfungsi hal ini diakibatkan thermostat pada waterpump radiator yang berfungsi untuk buka tutup otomatis air mengalir dan menghidupkan fan radiator tidak dipasang atau tidak disambungkan sehingga fan radiator dilangsungkan bersamaan dengan starter...benar bahwa ini mengakibatkan boros listrik..bisa dicoba apabila kunci di on..kan tanpa distarter dan kipas langsung nyala...maka sudah pasti fan radiator dan ac di bypass langsung..hal ini bisa membuat drop aki secara cepat sebelum starter engine..alangkah baiknya di cek apakah thermostatnya dipasang atau tidak pada waterpump ndan di cek jalur kabel-kabel ada kemungkinan sudah ada yang korosi..mengingat jalur listrik kendaraan 5 tahun sudah pasti mengalami oksidasi atau korosi sehingga skun-skun tidak maksimal mengalirkan listrik..bisa di semprot dengan contact cleanr dan amplas halus...atau solder ulang pada sambungan..alangkah bagusnya kabel diganti baru.

      Terimakasih..semoga membantu

      Hapus
    2. Mau tanya donk mas, mobil saya jimny th.82 sdh ada ac dan extrafan..
      Klo fan radiator di langsukan ke starter bahaya gak yah.? Soalnya temperatur saya gak naik2 terus (bahkan saat kondisi macet/lancar) jarum ada di C (naik hanya sdikit bgt) mhn info mas
      Makasih

      Hapus
  12. selamat sore...
    Mohon bantuan penjelasan.
    Alkisah Ac mobil saya Corona Absolute 2000 manual sebelumnya dalam kondisi normal..kompresor dengan panel tombol normal dan fan dengan tombolm normal...pada saat perjalanan jauh tiba2 kompresor dan fan Ac mati..kemudian berobat di bengkel AC dengan hasil kompresor menyala tetapi fan tidak menyala....setelah seharian di operasi si mekanik udah pusing tujuh keliling..akhirnya saya minta untuk di Switch sja dengan solusi..kompresor menyala fan juga menyala..Kondisi tersebut mengakibatkan RPM mesin turun pada saat AC dinyalakan dan mesin jadi njut - njut seperti odong - odong..Mohon pencerahannya...terima kasih
    salam,
    fajarandiksanjaya@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi
      Terimakasih mas Fajar atas pertanyaannya..
      mungkin in mbisa membantu.pada saat perjalanan jauh kadang kita terlalu terlena dengan AC yang dingin, tetapi tidak menyadari bahwa Kompressor AC berputar terus dan tidak mati-hidup..nah hal ini menyebabkan panas pada kompressor yang terus menerus bekerja membuat oli pelumas kompressor yang iktu berputar dengan freon menjadi panas yang mengakibatkan bisa terjadinya over heat pada kompressor sehingga dapat menyebabkan bocor2 pada seal atau magnetclutch AC terbakar sehingga Kompressor mati bersamaan dengan extra fan AC.
      Jika freon berkurang dan tekanan freon kurang maka sudah pasti kompressor dan extra fan mati karena presure switch AC tidak bekerja. atau presure switch sudah waktunya diganti.
      Cara kerja presure switch ini bersamaan dengan kompressor nyala extra fan nyala dan Idle up kaburator atau injeksi juga aktif sehingga RPM mesin naik diangka 1000rpm sehingga mobil tidak ndut-ndutan..

      Pada permasalahan anda bisa di cek apakah dengan bypass switch kompressor nyala dan extra fan nyala juga mengaktifkan idle up engine,,,jika tidak...sudah pasti mobil drop RPM...karena engine tidak mampu memutar kompressor AC jikalau idle upnya tidak aktif.

      Jadi ada kemungkinan Presure Switch AC anda sudah lemah atau jikalau ada..amplifier AC sudah lemah pada relaynya...sudah tidak main. atau bisa jadi freon berkurang drastis karena kebocoran pada seal-seal.

      jadi bisa di cek bahwa AC harus mati-nyala-mati nyala..dengan kondisi kabin mobil kedap sehingga thermostat AC pada evaporator dapat bekerja dengan baik ketika suhu sudah mencapai ukuran maksimal 1-2-3-4...pada switch kabin akan mati otomatis dan nyala lagi jika suhu kabin panas...jadi diusahakan agar seal-seal kaca mobil selalu kedap agar AC jadi lebih awet kerjanya...

      Terimakasih...semoga membantu

      Hapus
  13. mau tanya om,saya pny terios 2007,klo ac dinyalakan radiator fan lansung hidup,kemudian klo mobil dibawa menanjak dng ac hidup mesin over heating,apakah untuk mobil terios memang switch radiator fan juga ikut AC? dan klo mau menambahkan extra fan untuk AC apakah swicthnya ikut temperatur mesin atau ikut kompresor AC? trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Oni atas pertanyaannya.
      Maaf saya kurang tau persisnya untuk sistim kerja motor fan terios 2007, maksudnya...apakah fan radiatornya sudah menggunakan otomatis fan, yaitu bekerja sebagai double fan yaitu sebagai fan radiator dan juga extra fan AC yang dijadikan pada satu fan saja....
      jadi jikalau sudah menggunakan sistim ini, maka sudah pasti ketika ac dinyalakan sudah pasti fan radiatornya berputar karena juga berfungsi sebagai extra fan AC..untuk menjaga agar kompressor dan engine suhunya tetap stabil dan ac dalam kabil dingin.
      Apabila sistim fan- nya belum menggunakan double sistim berikut, maka perlu ditambahkan extra fan yang switchnya terpisah dari switch radiator. switch extra fan sudah pasti terssambung dengan dengan switch AC dimana ketika AC sudah mencapai dingin maksimal maka akan otomatis mati bersamaan dengan kompressornya.

      pada dasarnya fan radiator sistimnya terpisah dengan extra fan ac...tapi saat ini untuk mobil kluaran baru sudah mengadaptasi fannya menjadi satu dimana ketika AC nyala....fan radiator speed putarannya bertambah RPMnnya sehingga mampu membuang panas engine dan kompressor AC sehingga tidak terjadi over heating.

      Trimakash...semoga membantu.

      Hapus
  14. Gan mau tanya,untuk accord 85. sbelumnya fan tidak dsmbung ke switch otomatis alias langsung.kontak nyala fan nyala indikator radiator pun selalu dbawah.nah ketika dsambung ke switch otomatis fan nyala saat indikator dtengah2.apakah itu sudah normal?mengingat mobil tua kalo fan nyala saat suhu panas takutnya overheat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Rizky Agam...atas pertanyaannya
      Sepengetahuan saya...untuk mobil apapun yang masih menggunakan indikator temperatur engine dengan jarum analog..bahwa panas mesin mobil standart pada kisaran 80-90an..maka jarum analog sangat wajar apabila stabil pada posisi tengah dalam kondisi apaupun (AC nyala maupun semua instrumen mobil nyala semua.

      Jadi kesimpulannya untuk mobil Accord 85 agan sangat normal..berarti Thermostat (indikator engine pada waterpump engine masih berfungsi dengan baik..karena thermostat di stel otomatis pada suhu tertentu sesuai jenis mobil masing2 akan membuka otomatis agar air dapat mengalir memutari jalr air untuk mendinginkan mesin agar selalu stabil pada suhu tengah agar engine mempunyai performa baik....apabila engine terlalu dingin atau drop..malah dapat mengakibatkan engine lack atau tidak dapat bekerja dengan baik karena oli tidak mampu melumasi keseluruhan engine secara maksimal ketika dalam kondisi dingin.

      thanx..semoga membantu

      Hapus
  15. Salam kenal,
    Nama saya abill, Denpasar.
    Mw tanya extra fan mobil saya tidak nyala otomatis walaupun mesin sudah panas n di pake jarak jauh (ampere suhu normal/setengaah) klo ac di nyalakan baru extra fan nya nyala...
    Saya pake BMW 320i E36 thn 1995. Mohon pencerahan agan-agan yg berpengalaman, soale saya baru pinang ni mobil. Terima kasih.

    BalasHapus
  16. Malam gan , Budi-cirebon
    Salam kenal.
    Mohon pencerahan nya gan, mobil karimun kotak 2002 saat di kendarai kurang lebih sekitar 30 menit temperatur 1/2 elektrik fan menyala terus dan lama b3rhenti secara otomatis , keadaan tanpa termostat, mohon pencerahan nya gan apa yg problem

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Salam agan..ane mau nanya.mobil soluna th2000.apakah normal jika fan radiator n extra fan(kondenser ac) hidup dan matinya nya barengan saat temp coolant tercapai.walapun kondisi ac hidup atwpun ac mati.kata bengkel ac sih.harusnya extra fan itu hidup n matinya bareng sama clutch kompressor ac.atw ac hidup extra fan hidup.begitu..gan..tlg pencerahan n pengalamannya ya gan .tks

    BalasHapus
  19. Salam kenal, kalau mobil avanza pada saat panasnya tercapai ttp fan tdk mau berputar. Kalau hidupkan ac, baru fan tersebut berputar. Kira² apanya ya....mas yg gak beres...? Tks

    BalasHapus
  20. Mas mau tanya dong, mobil saya aerio thn 2002, kalo pas ac dihidupkan high speed fan radiator normal, tapi kalo ga nyalain ac, fan radiator cuma low speed aja, suhu bisa sampe 110° trus balik lg ke 100°, tapi ga overheat, efeknya kalo ac ga dinyalakan, pas engine off mesin susah distarter, kira2 apanya ya mas

    Thanka

    BalasHapus
  21. Gan mau tanya. Bisa kasih tau cara gimana pasang extra fan tambahan buat di depan kondesor AC, beserta diagram kelistrikan dari relay gimna & bahan"nya apa saja yang di perlukan gan, mobilnya xenia

    Thx gan

    BalasHapus
  22. Gan... Mau tnya nih... Apabila ac mobil dihidupkan apakah kipas radiator hidup dua duanya?... Mobil sya jazz idsi... Tnks

    BalasHapus
  23. Gan mau tanya mobil saya great corolla 93 setelah contack dalam ke adaan on fan radiator hidup dan tidak mati dan setelah mesin hidup pun tidak mati otomatisnya tidak main lagi mohon pencerahanya saya baru kebengkel waktu itu mobil saya kipasnya masih berfungsi otomatis setelah keluar dari bengkel jadi begininih katanya memang hidup terus mohon pencerahanny

    BalasHapus
  24. Gan mau tanya mobil saya great corolla 93 setelah contack dalam ke adaan on fan radiator hidup dan tidak mati dan setelah mesin hidup pun tidak mati otomatisnya tidak main lagi mohon pencerahanya saya baru kebengkel waktu itu mobil saya kipasnya masih berfungsi otomatis setelah keluar dari bengkel jadi begininih katanya memang hidup terus mohon pencerahanny

    BalasHapus
  25. Gan mau tanya mobil saya great corolla 93 setelah contack dalam ke adaan on fan radiator hidup dan tidak mati dan setelah mesin hidup pun tidak mati otomatisnya tidak main lagi mohon pencerahanya saya baru kebengkel waktu itu mobil saya kipasnya masih berfungsi otomatis setelah keluar dari bengkel jadi begininih katanya memang hidup terus mohon pencerahanny

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut gambaran yang agan ceritakan,,
      berarti relay kipas radiator langsung di on kan mengikuti kontak dimana yang seharusnya relay on mengikuti thermoswitch yang baru on ketika air radiator mencapai suhu 80-95derajat celcius.
      ini mirip dengan kondisi mobil esteem saya dulu setelah beli kondisi kipas radiator on saat kunci on, ini karena kabel pada thermoswitchnya disambung langsung, akhirnya kabel dibikin tidak disambung langsung dan kipas on sesuai suhu air radiator.

      bengkel melakukan bypass nyala fan radiator biasanya :
      > untuk menurunkan suhu kerja mesin, biar tetep dingin dan tidak over heat.
      > thermoswitch rusak (tidak menyala meski sudah overheat).
      > thermostart rusak (sudah dicopot).
      > mengatasi kemampuan pendinginan mesin yg sudah tidak optimal, jika dibikin otomatis menyala saat sudah panas tidak mengatasi panas mesin yang timbul.

      Hapus
  26. Om mau tanya, saya mau ganti kompresor mobil sirion saya pakai kompresor avanza, lalu mekanik menyarankan pakai exrafan, apakah itu berguna atau gk perlu ya om, terima kasih, please om infonya

    BalasHapus
  27. saya mau menanyakan, brp kah jumblah kipas blower di dalem ac mobil all new corolla 1997 pak

    BalasHapus
  28. Mau tanya pada para suhu nech....mobil honda acord maestro ketika ac di nyalakan kipas yg menempel di radiator bagian ac nya ga berputar kira2 kenapa ya???

    BalasHapus
  29. Mau tanya sama suhu semua nih, mobil hyundai getz ane kalo posisi jalan normal dan tidak macet semua komponek nya normal ketika kondisi macet langsung overheating, apa aja yg perlu di perhatikan untuk hyundai getz..
    Trims

    BalasHapus
  30. sy punya captiva thn 2007..izin bertanya ketika kita on kan tombol ac kipas radiator dan extra fan akan ikut hidup bersamaan, pertanyaan saya 1.kapan extra fan akan mati.
    2 apakah kipas radiator akan hidup terus bersamaan dengan extra fan...makasih sebelum nya atas jawaban nya..

    BalasHapus
  31. Gan maaf mau tanya , saya punya katana tahun 2000 .. Fan radiator agak telat menyala kalo saat start engine , temperature normal berada di garis tengah , efeknya ac nya ngk terasa dingin.. Terima kasih

    BalasHapus
  32. Misi gan,,ane mau tanya,,ane baru aja ngangkat mazda 2 th 2012 secound,,ane cek ad soket yg lepas, klo ane liat sih itu kabel jalurnya ke extra fan,,kalau boleh tau sistem kerja extra fan mazda 2 itu bagaimana ya ? Kontak nyala fan hidup atau mati ya ? Trims

    BalasHapus
  33. Misi gan,,ane mau tanya,,ane baru aja ngangkat mazda 2 th 2012 secound,,ane cek ad soket yg lepas, klo ane liat sih itu kabel jalurnya ke extra fan,,kalau boleh tau sistem kerja extra fan mazda 2 itu bagaimana ya ? Kontak nyala fan hidup atau mati ya ? Trims

    BalasHapus
  34. om salam kenal...saya mau konsul om baleno 2001 saya kan kipas radiatornya sdh di by pass langsung hidup saat kunci on, cuma sekarang ini tu kipas radiator saat kunci on gk mau muter alias gk mau hidup tapi waktu diengkol atau diputer pake tangan tu kipas baru mau berputer, masalahnya apa ya om...jadi boleh di boleh tu kipas skrg yg biasanya langsung idup saat kunci on ini tu kipas radiator baru mau idup kalo diputer dulu pake tangan om...trmksh sebelumnya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut hemat saya, bisa ada 2 kemungkinan :
      1> kabel supply listrik bermasalah.
      cara mengecek : coba sambungkan kabel motor radiator langsung ke aki. apabila motor langsung muter cepat, berarti ada perkabelan dan jalur listrik yang terganggu.

      cara mengatasi.
      A) cek bagian yg mungkin biasa aus dan rusak adalah :
      >sekring hampi putus (ganti), relay sudah aus (ganti), soket sambungan kabel longgar(ganti/kencangkan), dan kabel mengalami kerusakan (potong dan sambung ulang/ganti).

      B) bikin jalur baru langsung ke aki melalui relay. relai dibikin on saat kontak on. pemicu bisa diambilkan dari tegangan positif coil, saat kontak on. atau tempat lain yang on ketika kontak on.


      2> motor radiator yg bermasalah.
      masalah motor radiator kemungkinan bisa ada 3.
      i) Motor seret, (bongkar dan kasih oli).
      ii)sikat Arang/Coilboster habis.(ganti - harganya murah)
      - yg banyak terjadi adalah sikat arang habis apalagi kipas dibikin nyala terus, sikat arang menghubungkan listrik ke kumparan motor, jika arang habis maka tidak akan menyala karena tidak ada listrik pada kumparan motor.
      iii)magnet pada motor sudah lemah karena usia motor. (ganti motor radiator).

      Hapus
  35. Om,switch fan capella 626 bisa diganti punya mobil apa ya yg temperaturnya lebih rendah (type NC yg dibawah 90°c)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama tidak overheat, menurut saya tidak usah diganti, jadi karena hembusan udara dari depan saat mobil jalan, kipas tidak akan sering2 menyala karena setingan suhu on-nya kipas lebih tinggi dan itupun bawaan pabrik yg tentunya sudah diperhitungkan. dengan begitu pula kipas dan arang/sikat pada motor radiator lebih lama habisnya,(umur kipas lebih panjang)

      Hapus
  36. om saya punya daihatsu xenia. kipas radiator menyala terus pdahal posisi kontak off. dan kalau posisi kontak on kipasnya langsung mati. kira kira itu knp ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika kondisi seperti itu, apa aki tidak tekor mas?

      yang umum terjadi selama ini, kipas radiator langsung menyala ketika kontak di On, artinya kabel sensor switch kipas/termostat disambung langsung/dibypass alias tidak dipakai sehingga kipas berputar tanpa menunggu suhu air radiator panas dulu baru kipas menyala.
      ada kemungkinan salah memasang relay yg menggunakan 5 kaki. yg seharusnya relay baru nyambung ketika on, justru menjadi nyambung ketika relay off.
      coba mas lihat di google skema relay 5 kaki, untuk gambaran lebih jelas.
      namun setahu saya, soket untuk relay radiator sudah fix, kalo pun ganti relay kemungkinan keliru pasang sangat kecil kecuali dimodifikasi sendiri oleh bengkel.
      atau mungkin ada penambahan alat elektronik yang membuat jalur ke pengaktifan relay nya terganggu.

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Om mobil saya corona absolute 2000cc manual. Tiba" Ac, indicator rpm, spedometer, bahan bakar, temperatur dan fan carburator mati sebelumnya setelaj di pake buat belajar mobil sama istri. Ini gimana ngatasinnya dan penyebabnya kira" apa. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada sekring putus atau soket sambungan ke lampu2 indikator di panel spedometer yang lepas sehingga semua lampu2 indikator tersebut mati,

      Hapus
  39. Mobil saya camry 2.4G thn 2005
    Extra fan cuma berputar sebentar pas AC mobil dihidupkan & kecepatan putaran hampir sama dengan kipas utama.. sekitar 3 detik kemudian extra fan mati dan kipas utama berputar sangat kencang padahal suhu dalam mobil masih panas kenapa yaa.. terima kasih jawabannya

    BalasHapus
  40. Mobil saya Honda city 2005 mungkin Admin tau kenapa penyebabnya kalo AC nyalah kipas radiator SM extra fun baru nyalah , tapi kalo AC mati kipas SM extra fun g Mao nyalah smpe overheat maksh min atas jawabannya

    BalasHapus
  41. Om eterna sy th 92 begitu kunci kontak on kipas radiatornya nyala terus kenceng pula, tp kl mesin di stater kipas gak terlalu kenceng itu normal gak om ? Mohon pencerahannya om

    BalasHapus
  42. Siang Om...
    Cara cek speed extrafan muter nya kenceng atau kurang gimana ya... ?

    BalasHapus
  43. Mohon info gan,ford fiesta saya 1400 cc,motor fan gak bekerja, padahal sdh di ganti swit temperatur, sampe over heat sebelumnya ,apa penyebabnya ya? Tks

    BalasHapus
  44. Mau tanya gan kipas radiator ane tetep nyala padahal kunci udah dicabut kontak posisi off. Pusing pala ane gan. Mobil great corolla ae101

    BalasHapus
  45. Mau tanya gan kipas radiator ane tetep nyala padahal kunci udah dicabut kontak posisi off. Pusing pala ane gan. Mobil great corolla ae101

    BalasHapus
  46. ketika fan ac menyala ,apakah fan radiator jg tida ikut nyala ,mobil saya honda civic new

    BalasHapus
  47. halo om, kipas kondensor ac mobil saya tidak otomatis muter ketika AC on. Sudah di coba kabel di sambung ke AKI bisa muter kipasnya. itu kenapa ya? trus bolehkah bikin tombol on/off sendiri untuk kipas kondensor. kipas di hidupkan manual ketika AC menyala.. trimakasih

    BalasHapus
  48. Om mw tanya,mobil saya accord cielo ketika mesin hidup sampe temperatur stengah kipas tidak hidup,terus mesin saya matikan malah kipas hidup?pnyebabnya apa ya?

    BalasHapus
  49. Om mau tanya barusan sore ini saat pilang kerja temperatur naik AC nyala biasa, jika ac nyala temperatur malah turun, oya mobil saya kia Visto, jarak tampat kerja - rumah 5km, ternyata temperatur naik samapi 1/2, samapi rumah sya buka cap radiator panas, setelah saya amati ternyata kipan radiator tidak berputar, kira kira penyebabnya apa ya ? saya cek soket kabel aman tidak lepas . saya tunggu jawabanya, trims

    BalasHapus
  50. Gan? Saya punya mobil xenia... Mau tnya seharusnya kipas rdiatlr itu pas kontak ON kipas nya itu lgsung muter apa nunggu ac ON dlu baru ikut muter?

    BalasHapus
  51. Misi bos... Ac nyala tp kipas telat muternya, biasanya kan bareng saat kompressor ac bekerja, knp ya ?

    BalasHapus
  52. Salam mas
    Mobil saya CRV 2010 AT 2,4
    Mobil posisi diam saya nyalakan mesin dan AC saya hidupkan,posisi fan AC nyala tapi fan mesin/radiator diam...

    Apakah memang seperti itu mas...mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  53. Kenapa extra fan yg mutar ketika manasi mobil kira2 10menit...15 detik berhenti mutar...10 menit mutar lagi, sedangkan fan radiator diam

    BalasHapus
  54. Om saya mau nanya... mobil saya allnew corolla 96... saat AC ON apakah ke dua fan (kipas AC & radiator) hidup atau kipas AC saja yg muter... punya saya cuma kipas AC saja yg muter..minta solusinya..

    BalasHapus
  55. Mau tanya gue punya mobil jazz .. Penyakitnya overhead .. Kipas radiator tidak menyala saat keadaan suhu panas .. Tp saat dinyalakan ac kedua kipas berputar .. Tolong infonya

    BalasHapus
  56. Mobil saya avanza 2010.knpa ya mas motor fan cepat x otomatnya saat hdup ac.trus kalo di matiin ac mesinnya macam mau mati.agak berat gitu.mohon penjelasannya mas.trimks..

    BalasHapus
  57. Gan mau tanya,
    mobil ane baleno thn 2000 extra fan ac tdk pernah mati jika ac dihidupin apakah normal,dan jika tdk normal apa perlu diganti termostatnya letaknya dimana?
    Secara yg saya tau untuk fan ac mestinya ada otomatis on/off, thx gan mohon infonya.

    BalasHapus
  58. Gan mw tanya
    Mobil saya mazda 2 th 2011 br dipinang.
    Saat mesin hidup sampai 30 menit dlm keadaan diam,kipas radiator gak nyala,indikator di dashboard gak muncul tp diruang mesin menurut saya sdh panas,tp kl AC dinyalakan,kipas radiator langsung nyala.yg saya tanyakan apa emang sperti itu normalnya atau ada yg harua dicek gan.maaf gak tw banyak masalah mesin.
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  59. Mr.mau tanya fan radiator muternya lama setelah mesin panas biasanya baru manasin mobil kagakbterlalu lama Uda muter apa Ter gantung Ama air collen apa harus diset termostatnya.

    BalasHapus
  60. Hi bos,,,mobil sy kijang rover th 90. Sy mau pasang electric fan. Sebaik utk relay fan, kipas, thermostat dan thermoswitch pake type apa ?

    BalasHapus
  61. Halo guys...
    Saya mau nanya cara pasang kabel thermoswitch itu ke badan atau kmn guys?? Saya pakai corolla great 93, terimakasih guys...

    BalasHapus
  62. Gan mau nanya ane. Sate punya mobil great corolla SE.g 1,6 masalahnya adalah apa bila di bawa perjalanan jauh dan kena macet kipas fan kadang hidup kadang mati kalo dah mati air radiator keluar dari pengisian kayak air pana.dan ane udah 5 bengkel ngatasi gak kelar2.kedeler aj yang blm ni ane.minta petunjuknya suhu mungkin ada solusi

    BalasHapus
  63. gan mau nanya ni...saya punya soluna 2002,masalah nya extra pan ac ko nyala terus tanpa ac di nyalakan, gimana ya solusinya?...

    BalasHapus
  64. Hay om salam kenal

    Mobil saya jazz idsi 2008
    Permasalahannya over heat.
    Kmren dsah saya ganti switch termostat dan sensor ect.setelah ganti Fan radiator tidak mau muter walaupun suhu udah panas.Ketika AC dinyalain baru Fan radiator n Extra Fan nyala barengan...
    Apa di Fan radiator ada relay khusus buat muterin kipas,sekring2 dicek aman smua...
    Mohon bantuan omkuuuh
    Makasih

    BalasHapus
  65. Salam mas bos. Saya butuh pencerahan nie..
    Mobil saya hyundai accent 2002. Problem saya fan radiator saya mutar sebentar lalu mati lagi walaupun mesin mobil habis di pake jln jauh tapi indikator temperatur tetap ditengah..
    Tolong ya mas bos , sdh kebengkel tapi nggak ada solusi swift temperatur sdh di ganti pun sama saja..

    BalasHapus
  66. Mlm om baru saja sya beli seken apv tapi fanradiator gk hidup meski mesin dah panas. Cek rilai bagus termo swit fan saya ganti baru. Msh jga fan g hidup. Apakah yg hrs di cek.

    BalasHapus
  67. om mau nanya ,,hyunday accent 2000 sy fan radiotarnya berputar trus ,,baru buka kontak saja udah berputar,,mhn solusinya..
    motor fan nya barusan di ganti...

    BalasHapus
  68. Boleh bertanya pemula, om kalo fan AC sama fan radiator apa harus nyala bersamaan di saat mesin panas Terimakasih

    BalasHapus

wdcfawqafwef