Cara Tune-UP Mesin Mobil Toyota Seri K (2K,3K-H,4K-5K)

1. SISTEM PENDINGINAN (air Radiator)
• Tinggi air Pendinginan = Sampai garis atas (full)
• Periksa kualitas
• Periksa kebocoran
• Tekanan Pembukaan katup tutup
• Radiator STD = 0,75-1,05kg/cm2 Limit = 0,6 kg/cm2
• Kapasitas air pendinginan ( dengan pemanas)
Mesin 2K,&3K-H = 5,6ltr
Mesin 4k = 6,7ltr
Mesin 5K = 6,5ltr

2. TALI KIPAS (V-Belt)
Defteksi tali kipas pada 10kg (22 lb)
  • Pompa Air - Alternator pada mesin 5K 
Tali Kipas Baru 5-7mm Tali Kipas Terpakai 7-11mm
Selain mesin 5k kurang lebih sama dengan 7-11mm
  • Poros Engkol –Kompressor AC pada Mesin 5K
Tali Kipas Baru 9-12mm
Tali Kipas Lama (bekas) 12-16mm
Sedangkan selain mesin 5k 11-14mm

 3. SARINGAN UDARA (Filter Karburator)
     Bahan Filter karburator yang berfungsi menyaring udara yang masuk agar kotoran tertangkap oleh filter tersebut dan tidak terbawa kedalam karburator biasanya terbuat dari bahan busa spon atau kain yang jenisnya beragam. Jika jenisnya bisa dibersihkan dengan bensin maka bersihkan dengan dicelup-celupkan kemudian semprot dengan angin kompressor, jika jenisnya tidak bisa dicuci maka cukup disemprotkan angin kompressor agar debu yang menempel hilang. Jika sudah rusak dapat diganti dengan yang baru karena harganya masih terjangkau dalam hal maintenance standart mobil.

4. BATERAI (ACCU)
    Accu / Baterai /Aki saat ini terdapat 2 jenis Accu yaitu aki basah (dengan menggunakan air accu/ accu zur) dan jenis aki kering yaitu menggunakan jel didalamnya jadi tidak perlu perawatan menambahkan air accu seperti pada accu basah. Pada Accu jenis basah perawatan tune-up hanya perlu memperhatikan tinggi elektrolit dari garis standart high level perusahaan pembuatnya, jika kurang maka tambahkan air accu biasa bukan air accu zur.Cek Berat Jenis (1,25-1,27) pada suhu 20C.

5. OLI MESIN (Engine Oil)
    Perhatikan ketinggian Oli Mesin pada deepstick yang tertancap pada mesin anda. pada DeepStick terdapat ukuran Full level, jika kurang tambahlah dengan oli jenis API Servis SE atau ganti oli tersebut dengan yang lebih baik dengan tidak merubah standart pengaturan dari perusahaan (TOYOTA).

2 Responses to "Cara Tune-UP Mesin Mobil Toyota Seri K (2K,3K-H,4K-5K)"

  1. 3k pakai thermostat gak boss...dari pabrik nya..

    BalasHapus
  2. 3k pakai thermostat gak boss...dari pabrik nya..

    BalasHapus

wdcfawqafwef